Selamat datang di Athallah Radithya

Kenali Macam-macam Benjolan di Payudara

Senin, 03 Desember 20120 comments

Perempuan mana yang tidak panik dan khawatir jika menemukan adanya benjolan di salah satu atau kedua payudara. Berikut ini beberapa jenis benjolan yang bisa muncul di payudara dan kemungkinannya.

Tidak semua benjolan yang terdapat di payudara itu disebabkan oleh kanker, terkadang benjolan yang ada ini tidak berbahaya dan bisa dihilangkan melalui operasi kecil.

Ahli dari Cleveland Clinic Taussig Cancer Institute mengungkapkan ada beberapa jenis benjolan yang bisa muncul di payudara, seperti dikutip dari Health, Selasa (4/12/2012) yaiti:

1. Benjolan lembut
Biasanya benjolan ini halus, lembut yang bentuknya bulat seperti buah anggur dan bergerak sedikit ketika menekan di atasnya, serta bisa menyebabkan rasa sakit saat disentuh.

Bisa jadi benjolan ini adalah kista atau kantung berisi cairan alami yang disebabkan oleh perubahan hormon. Pemeriksaan yang dilakukan adalah USG untuk melihat apakah benjolan ini berisi cair atau padat. Dokter juga bisa memasukkan jarum untuk mengeluarkan cairan dan mengurangi tekanan jika kista terasa menyakitkan.

2. Keluar cairan
Biasanya ditemukan keluar cairan dari kedua puting susu. Kondisi ini bisa jadi akibat cairan dari kelenjar susu. Penyebabnya bisa karena ada masalah di kelenjar tiroid atau hipofisis, serta bisa juga akibat stimulasi puting. Cobalah bicara dengan dokter, jika disebabkan oleh masalah kelenjar biasanya ddiberikan obat-obatan.

3. Massa lembut
Munculnya massa lembut di payudara biasanya berukuran sekitar 1-4 inci yang disertai nyeri di salah satu atau kedua payudara sebelum menstruasi, bisa jadi itu adalah fibrocystic.

Penyebabnya akibat fluktuasi estrogen dan progesteron yang dapat mengentalkan jaringan payudara. Untuk mengurangi rasa sakit bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit atau memakai bra yang mendukung.

Beberapa perubahan pola makan dapat juga membantu, misalnya dengan membatasi lemak dan juga kafein. Namun jika gejala ini terus menerus berlangsung, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.

4. Massa keras
Massa ini keras dan padat yang memiliki sisi-sisi tidak teratur atau bergerigi, biasanya massa ini tidak pindah atau bergerak ketika ditekan atau didorong. Ada kemungkinan massa ini adalah tumor kanker dan umumnya tidak terasa sakit.

Penyebab pasti dari massa ini belum diketahui dengan jelas. Namun beberapa hal bisa menjadi faktor risiko seperti usia dan riwayat keluarga. Jika menemukan ini sebaiknya hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan.

5. Benjolan keras
Umumnya benjolan berbentuk bulat dan keras, ukurannya bisa mencapai 5 inci dan dapat berpindah di sekitar bawah kulit tanpa adanya rasa sakit. Kemungkinan benjolan ini adalah fibroadenoma.

Tumor jinak ini tidak seperti kista biasa, tapi tidak umum dijumpai di kalangan perempuan usia 20-an dan 30-an tahun. Biasanya dilakukan pemeriksaan mamogram dan jika tumornya besar, maka operasi pengangkatan adalah pilihan yang tepat.sumber
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Senjatama | Richy Sheva
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger